Thursday 1 February 2018

Harta itu cuma titipan doang ko

Allah swt. adalah zat yang memberikan jaminan rezeki kepada kita. Manusia yang tidak menyadari akan hal ini menganggap bahwa rezeki adalah hasil kerja kerasnya sendiri tanpa ada campur tangan Allah
Karun berkata: "Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku". Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, tentang dosa-dosa mereka.(Al Qashas:78)
Dunia diciptakan sebagai ujian buat manusia. Sesungguhnya harta dunia tidak akan membawa arti jika tidak dimanfaatkan ke jalan yang diridhai Allah. Harta bersifat netral, ia tidak mulia atau hina. Tapi dengannya apakah seorang menjadi budak yang terlena ataukah mampu menjadi hamba yang lebih dekat kepada Allah swt.
Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.(Al Munafiqun:9)
Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.(At-thagabun:15)
Seberapa besar, sebanyak apapun harta itu tidak memiliki nilai dihadapan Allah swt. Namun yang bernilai adalah ketika harta itu difungsikan dengan tepat, sesuai dengan yang Allah amanahkan.

0 comments:

Post a Comment

Berbagi, demi kemajuan bersama