Sunday 18 September 2016

BILA ISLAM ITU MUDAH MENGAPA BANYAK SERANGKAIAN IBADAH YANG MEMBERATKAN ?

Hasil gambar untuk ibadah

Bulan Ramadhan sudah terlewati, kemarin umat islam melaksanakan puasa selama sebulan penuh terkadang ada beberapa yang mengeluarkan argument kenapa Allah memberatkan kita dengan ibadah-ibadah yang menguras tenaga karena menahan lapar dan haus sampai kira-kira 13 atau 14 jam ?
Tahajud disepertiga atau 2/3 malam bahkan diwajibkan diawal-awal dakwah raasulullah ?
Harta yang nyata-nyatanya milik kita harus dikeluarkan untuk orang lain.
Lalu muncul disebagian benak orang bukankah itu semua berarti Allah SWT memberatkan hamba-hambanya ?
Mari kita menyepi sejenak menyendiri merenungi sebuah pagar rumah yang indah mobil nan gagah jembatan yang kokoh gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi bukankah sebagian konstruksinya berasal dari besi dan baja ?
Masih ingatkah kita bahwa besi-besi yang indah itu sebelumnya telah disiksa sebelum menjadi indah menawan ?
Sang besi dipanaskan hingga meleleh dan berpijar kemudian dipukul dan ditempa menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan tuannya jika sang besi tidak ingin menerima kenyataan ditempa dan dipanaskan hingga meleleh akankah ia menjadi mobil nan gagah atau jembatan yang kokoh ?
TENTU TIDAK !!!
Begitu juga dengan ibadah yang Allah syariatkan kepada kita, bukan karena Allah ingin membuat kita menderita bukan karena Allah ingin membuat kita menderita melainkan karena Allah sayang Allah cinta kepada kita. Ketika kita diwajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh dibulan Ramadhan apakah membuat kita dihari ke 31 menemui ajal ?
Apakah yang kita rasakan ketika mendengar adzan maghrib ? bukankah muncul sebuah perasaan bahagia direlung hati kita ? indah rasanya ketika siang hari yang panas berhasil kita takhlukkan tanpa mencicipi sedikit makanan dan minuman apalagi ketika tetes demi tetes teguk demi teguk air segar itu membasahi kerongkongan kita bukankah suatu perasaan bahagia yang muncul ?
Kini sebagian para ahli pun sepakat salah satu cara untuk membuang zat racun didalam tubuh kita adalah dengan berpuasa maka tidaklah salah jika rasulullah bersabda “berpuasalah kaian agar sehat .”
Kewajiban beribadah sama sekali bukan untuk Allah karena Dia zat yang tidak memerlukan apa-apa dari makhluknya, justru makhluklah yang membutuhkan Dia jika semua makhluk dialam semesta tidak menuhankan Dia, Allah tetap saja tuhan penguasa seluruh alam tidak berkurang sedikitpun keagungan-Nya.
Allah berfirman “ dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku Aku tidak membutuhkan rizki sedikitpun dari mereka dan aku tidak menghendaki supaya mereka memberi aku makan. Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rizki yang mempunya kekuatan lagi sangat kokoh (QS. Adz Dzaariyaat :56-58)”
Lantas mengapa Allah mewajibkan kita untuk beribadah ?
Karena ternyata design kita ini memang makhluk ibadah, jin dan manusia diciptakan untuk beribadah maka ketika kita tidak beribadah kita akan menemui masalah seluruh kewajiban dan syariat yang Allah berikan sesungguhnya adalah untuk memaksimalkan seluruh potensi kita sebagai manusia dan memunculkan sikap istiqamah alias kestabilan hidup.
Sebuah mobil dibuat oleh pabriknya tentu memilliki spesifikasi tertentu misalnya bahan bakarnya harus pertamax olinya mesti dengan tingkat keenceran tertentu cara menjalankannya harus dengan kombinasi kopling gas rem dan sebagainya. Maka ketika mobil itu dioperasikan tanpa prosedur dan kewajiban yang disesuaikan oleh pabriknya tentu mobil itu akan rusak sebelum waktunya, mobil yang diisi oleh bahan bakar pertamax lalu diganti dengan solar tentu akan rusak sebelum waktunya. Pertanyaannya adalah untuk siapa segala kewajiban yang diharuskan untuk mobil itu ?
Apakah untuk kepentingan pabrik atau untuk kepentingan mobil dan pemiliknya ?
Tentu untuk kepentingan mobil dan pemiliknya, bagi pabrik sama sekali tidak ada kepentingan apapun kalau kita tidak menjalankan prosedur itu. Bahkan meski si mobil melanggar ketentuan itu meski dengan alasan yang baik dan benar tetap saja ia akan mengalami kerusakan, misalnya demi alasan penghematan maka bbm mobil diganti saja dengan premium harganya lebih murah dibandingkan pertamax bukankah sama-sama bahan bakar minyak ?
Demikian juga, ibadah adalah kewajiban bukan untuk Allah sang pencipta melainkan untuk hamba-hambanya shalat kita adalah untuk kita sendiri puasa,zakat,haji,dzikir dan doa dan berbagai macam kebaikan pada hakikatnya adalah untuk kita sendiri.
Semoga bermanfaat J
Terimakasih J
dan

J  wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh  J

0 comments:

Post a Comment

Berbagi, demi kemajuan bersama