Saturday 27 February 2016

Kelas terbuang di sma negeri 02 jalawiyata kotabumi utara.



         dari judulnya aja udah tau dong ya “kelas terbuang”.
 Persepsi lorang pasti langsung menuju ke kelas yang ada di ujung deket sama wc siswa terus deket tempat pembuangan sampah para siswa.
 Kelasnya bau, kotor, kumuh, tempatnya para “genji” sma yang sering bolos waktu pelajaran matematika atau sejarah. Kelas yang jadi bahan obrolan guru-guru ketika selesai mengajar, Muridnya buangan dari yang gak memenuhi syarat masuk kelas favorit baik ipa atau malah ips itu sendiri (maan you don’t say!!).
 guru yang tiba-tiba jadi beringas ketika masuk kelas ini walaupun tadinya baik, guru-guru yang mengusap keningnya ketika mengajar dikelas, dan guru-guru yang ngerasa dapet musibah waktu dapet order dari kepala sekolah buat jadi wali kelasnya .
 itu ikan persepsi lorang ?, tapi sayang banget persepsi lorang itu gak semuanya bener, “gak semuanya” berarti ada yang bener dong?!. Iya bener. Ada yang bener (sue loe). 

         Tempatnya genji yang “suka” bolos waktu pelajaran matematika atau sejarah, itu bener, kelas yang jadi pergupokan guru-guru ketika selesai mengajar itu bener juga, guru yang ngerasa dapet musibah ketika ngajar dikelas ini, itu sedikit benernya kenapa gwe (gwe ?) ngomong gitu, pasti jawabannya karena, ya karena ada sih wali kelas yang blak-blakan ngomong yang tujuannya kesitu. Muridnya merupakan murid yang gak memenuhi syarat masuk kekelas yang bisa dibilang favorit, itu sedikit bener sih. Kenapa ? .

      ya karena gua ngambil dari sudut pandang seorang guru ya, jadi siswa-siswi di kelas ini tuh bisa dibilang susah nalar (sue banget !!!),
 tapi itu mutlak bohong !!! karena menurut gwa (gwa ??) 
kelas ini tuh kelas yang cepet banget nalarnya (tentang terasnya hidup ?)   bukan lah, tapi bisa juga (anjrott !!) , ya tentang pelajaran lah, buktinya ada dari kelas gwa (gwa ???) yang masuk 30 besar rangking pararel se-sma ini puas lorang. 
Sebenernya gua (sok-sokan bener) juga rada malu sih masuk kekelas ini, ketika ditanya sama temen aku (rada alay) yang sekolah di sma lain,

 “eh loe ipa/ips “ .

 “aku ips” .

 “ips berapa ?”. 

tiba-tiba dunia terasa melambat, daun-daun yang bergurguran ketanah berasa lama banget nyampenya, kentut mas slamet tiba-tiba gak bau karet lagi. (sinetron banget sih). Gua beranikan membuka mulut dan berkata “aku ips 4” dan tiba-tiba temen gua menarik bibir mulutnya yang lama-lama semakin lebar semakin lebar semakin lebar, sosok topeng v for vendetta jelas Nampak. Diapun menepuk pundakku dan berkata “berjuanglah nak”. (Apaan sih kampret).

kalo gitu ni kelas emang parah dong ya. 
Sori lorang udah salah dua kali,
walaupun dari paragraph pertama kesan gua (kayanya udah terbiasa deh) kaya merendahkan kelas gua sendiri tapi sori, seonggok kacang gak mungkin lupa sama air beriak tanda ada yang boker (ini apaan sih anjing) kelas ini tuh gak deket sama tempat pembuangan sampah umum sekolah, kelas ini gak bau, gak kotor, gak deket wc, kenapa ? pasti karena lagi, ya karena ni kelas merupakan kelas dengan gedung baru yang bisa dibilang mewah , atepnya aja dari baja ringan, ruangannya lebar banget, ada panggungnya juga, tinggi lagi. Hordengnya juga bagus, mahal ada rampel-rampelnya gitu hasil dari patungan (nagihnya juga nyewa dept kolektor) . 

Dibelakang kelas ada pohon papaya yang tiap hari pasti ada yang mateng. Dan pasti juga sudah raib sebelum senja tiba, entah kemana hilangnya (sebenernya gwa tau Cuma males aja ngomongnya, aib breee).

 Gua bersukur banget bisa masuk kelas ini, dimana kebersamaan bisa diraih hanya dengan tatapan mata yang penuh arti dari sesame jenis (anjir maho), gak mungkin lah ya, tapi gimana ya, gua bingung mau mendeskripsikan dengan kata-kata gimana gampangnya akrab dikelas ini, pernah suatu ketika ada siwi dikelas ini yang bolos, dan ditempat bolosnya itu kepergok sama wali kelas, besoknya dibukalah aib itu oleh wali kelas dan jadi cemoohan sekelas selama kurang lebih 1 bulan.

 Dasar wali kelas maen buka aib orang aja, jadi ya mereka tuh bolos terus maling cempedak di kebun tentara coba, kan gila. (ya ampun gua juga buka aib orang). 
Itu ngenang banget buat gua, dan mungkin buat temen-temen gua yang sekarang udah melanglang buana keberbagai penjuru kota diindonesia dan bahkan ke negeri tetangga sebelah. 

Murid-murid yang kata guru-guru susah nalar, bandel, berisik, gak bisa diatur kini sudah melanglang buana ke berbagai penjuru Indonesia, kelaas terbuang hanya ungkapan lisan yang tak berarti apa-apa bagi kami siswa-siswi kelas tersebut, karena omongan orang yang jelek jangan sampe dimasukin ke ati kalo loe mau sukses, terimakasih guru-guru yang sudah sudi menginjakkan kaki dikelas kami yang seperti neraka bagi kalian, kalian akan selalu ada di memori kami (baik yang pantas dikenang dan yang sulit untuk dikenang) doakan kami sehingga kelak  menjadi seperti kalian yang berguna bagi masyarakat sekitar dan semoga juga untuk Indonesia (walau hanya sedikit berubahnya).

Kami bukan murid yang bandel pak buk. kala itu, merupakan masa remaja kami, dengan cara itulah kami mencoba untuk berubah.
 Bandel bukan kata yang tepat untuk disandingkan dengan kami.

Gwe gak bisa cerita banyak, gak bisa ngerangkai kata, kalo ada yang salah sory. 
Cuma itu yang gwa inget dari kisah gwa, yang ngebekas sampe sekarang gwa ada disini, dikota ini.

Dari murid-mu

Dari temen lorang

Dari anak yang jarang ngomong dari kelas yang terbuang,  XII IPS 4 2014

gua gak pernah nyesel masuk ke kelas ini sob, :) 



2 comments:

Berbagi, demi kemajuan bersama