Monday 29 February 2016


Next day, pertemuan kedua dihari sabtu diminggu pertama.

Sabtu, satu hari sebelum weekend dihari minggu. Hari ini gua sekolah pake baju warna coklat bekas keringet hari jumat. Dari rumah orangtua gua yang sederhana Berangkat ke pinggir jalan raya seperti biasa jalan kaki bersama teman-teman lain sekolah. Dan itu asik banget. Gak kerasa udah nyampe aja di pinggir jalan raya. Dan angkot yang biasa ngangkut gua udah nungguin disitu PUNK 5 namannya, yang punyanya nurdin namnya. Dan tu orang jarang pake celana panjang entah motivasi apa yang disimpen sama dia, kali sampe sekarang dia pake celana pendek terus. Sial, kali ini gua kebagian dipinggir pintu ngegantung sama anak-anak smk ,dan itu absurd banget badannya gede-gede banget dan keringet hari jumat mereka kerasa banget diidung gua. Back to school dihari sabtu yang diluar perkiraan -_-“

20 menit berasa kaya 2 jam.

Nyampe juga di gerbang sekolah kesayangan gua, bayar angkot . ngerapihin baju. Dan keas merupakan tujuan gua saat itu. Nyampe kelas bangku paling belakang yang gua tuju, temen sebangku gua riski namanya. sejak pertama kali ketemu sama dia gua udah ngerasa ada yang aneh sama ni anak, dan tenyata emang bener, ada beberapa keanehan yang gua masih inget sampe sekarang,

Keanehan riski yang pertama, dia tuh ngefans berat sama anime Naruto dan semua jurus Naruto dia hapal sampe suatu ketika ada yang gangguin dia, dan dia pun ngeluarin  KAGEBUNSHIN NO JUTSU pake gerakan tangan yang Naruto biasa pake. Anjing mirip banget gerakannya, gua aja bingung kenapa bisa gitu.

Keanehan riski yang kedua, dia tuh takut cewek, nih anak kayaknya emang punya prinsip yang kental yang dia ambil waktu sblm masuk sma ini, entah apa yang dia ambil bisa jadi perempuan itu bisa nyemburin api dari mulutnya atau tiba-tiba bisa berubah jadi mutan yang punya sayap kecoa dipunggungnya. Ah entahlah . tapi gini ya, ketika jarak 10 meter dari cewek, riski tu udah bisa ngerasaain radiasi dari cewek itu walaupun itu ada di tikungan yang kita aja gak tau kalau setelah tikungan itu ada cewek. Saik kan ?

Keanehan riski yang ketiga, dia tuh suka banget maen game online dragon nest. Walaupun ini wajar menurut loe, tapi piker lagi deh masak baca buku 5 menit udah bosen tapi kalo maen game dari ba’da isya sampe ba’da subuh katanya gak kerasa. Dan kuota wi-fi sekolah habis gara-gara dia maen game online.

Gua duduk disebelahnya, gak banyak ngomong . bel sekolah pun bunyi tandanya udah masuk noh.

Gua buka al-quran dan membaca surat-surat pendek di juz 30, itu merupakan kebiasaan disekolah gua . ada yang memandu pake mix di kantor yang suaranya kedengeran sewilayah sekolah dan bahkan sampe kerumah-rumah warga.

 

 

Pelajaran mellelahkan dihari sabtu, fisika. Telah selesai dan gua siap-siap untuk pulang kerumah gua, ketika gua gendong tas gua dan bersiap keluar keluar kelas dengan senang hati karena besok hari minggu , dan gua bisa nonton pokemon di tv ikan terbang. Ada yang manggil nama gua

“eh, kamu. Kamu kan ikut pramuka ?”

Dia ria, cewek yang waktu itu ikutan ngumpul ekskul pramuka bareng gua. Dan gua gak tau kalo dia seelah sama gua.

“ia, emang kenapa?”

“gak usah pura-pura bego deh, sekarang kan ada kumpulan lagi. Buat latihan sandi sama ada materi dari kak kosim”

“emang kapan ada yang ngomong gitu, kok saya gak tau?”

“kemarin hari kamis, waktu kita kumpulan. Kan setelah dibubarkan kakak yang duduk dikursi plastic biru bilang, Jangan lupa untuk kumpul lagi hari sabtu jam 1 ya”

Jaga image, gua pun bilang “oh iya, lupa”

Ke lapanganlah gua kan waktu itu, dan ternyata emang dah banyak yang kumpul, ada ari juga dan temen-temn gua yang lain.

Disuruh duduk lagi dirumput, dan sekarang gak basah rumputnya. 

“oke adek-adek, kalli ini kita akan belajar tali temali. Buat kalian yang belum dapet tali silahkan minta sama kakak yang duduk diplastic biru itu “

Gua belum dapet, dan gua ke kakak itu. Kayakna tu orang waktu dilahirin sama emaknya bukan Cuma dia yang keluar, kursi plastic warna biru juga ikut keluar bareng sama dia. Makanya tu kursi plastic deket banget sama dia.

“kak,”

“apa, ada perlu apa ya?”

“saya belumm dapet tali kak”

“tali apa ya?”

“tali buat belajar tali temali, katanya disuruh minta sama kakak yang duduk dikursi biru”

“oh gitu, ini tallinya ya”

Dikasihlah gua tali waran biru itu

“makasih kak”

Balik lagi ke perkumpulan pramuka yang duduk di rumput,

“udah dapet tali semuanya kan ya?”

“udaaaaaaaaaaaaahhhh kak”

“kali ini kita akan belajar simpul pangkal, simpul ini adalah simpul pertama, simppul awal dari segala macam ikatan”

(buset, simpul awal dari segala macam ikatan. Segala macam ikatan. Berarti ikatan rumah tangga juga dari ikatan ini dong) batinn gua

“Simpul ini berguna buat bikin flying fox, bikin rafling,dan juga buat ngiket tali jemuran kalian yang ada dirumah”

Kakak itu punnyari bamboo, dan mulai memperagakan cara menyimpul.

“ini ada bamboo, cara nyimpulnya gini ya, nah yang ini kesini , terus kalo udah dipegang ditarik terus dimasukin kesini, terus dikebawahin  masukin lagi kalo udah ditarik deh dua-duanya. Jadi kan “

(gua tau apa yang ada dipikiran loe, tapi ini bukan kesitu)

“coba diulangin sama kalian ya.”

“van van ini gimana sih maksudnya’’ oceh ari ke hanivan

“yee aku aja  gak tau kok, baru belajar pramuka tali menali nih, kali aja bisa buat menali hati cewek yang ada disini”

“hush kamu itu, cewek aja pikirannya. Tapi apa ya bisa van?”

“semprul kon!!!”

Aku sibuk dengan taliku sampai membentuk sesuatu yang gak mungkin ada di imajinasi orang.

Dan itu sulit banget.

Sampai akhirnya ada salah satu kakak yang ngasih trik untuk mempercepat menyimpul pangkal

“gini deh, ada trik kilat nih biar cepet bentuk simpulnnya, jadi talinya pegang pake dua tangan, trus bentuk lingkaran. Talli yang ada di tangan kanan taro diatas tali yang dipake tangan kiri . kalo udah masukin ke kayu dan Tarik deh. Simple kan ?”

Eh dan ternyata emang gampang sob, (kalo gitu kenapa gak dari tadi, terlalu bertele-tele nih orang).

Ada kejadian unik waktu itu, ada salah satu temen gua eko saputra namanya. dia tuh kalo ketawa kaya dunia tuh milik dia sendiri, jadi sekali dia ketawa energy yang dia keluarkan sanggup bikin perhatian anak-anak yang lagi latihan kala itu tertuju pada eko seorang. Jadi kala itu dia ketawa keras banget (ketawa khas orang  lampung gimana sih , mmwaha ha ha ha , haaaaaaaaa hahaha hahah aghoyyy) gitu kalo gak salah , maslahnya karena ada temen gua eko hari dia cerita dan menjadikan Iqbal sebagai objeknya.

“eh ko ko, “

“apaan ko”

“Jadi gini ko, coba lu liat ekspresi Iqbal tuh. Itu beneran atau boongan kok. Olanya kalo ekspresi dia th 80% bohong trus 15 % meragukan dan sisanya bener dan bener nya juga bener bener, bener gitu”

“yiahahah haha. Iyu juga ko. Itu muka apa pantat”

“hahaha, gla lu ko”

“elu ko yang gla, mmwaha hahah aghoyyy”

Dan gua agak mngernyit ngeliat dua spesies manusia ini. Tapi itulah temen gua, gua seneng punya temen kaya mereka. Dan mungkin benih-benih kecintaan gua sama organisasi ini mulai tumbuh.

Tumbuh di kelas 1 masa-masa sma yang labil.

Bersambung....

 

 

 

 

3 comments:

Berbagi, demi kemajuan bersama