Wednesday 14 June 2017

ALASAN GUE GAPERNAH MAU DUDUK DI BELAKANG PAS UJIAN



Related image  

Well, tulisan ini akan agak gaenak dibaca jadi gue mohon maaf dulu sebelumnya.

Duduk di belakang pas ujian itu bikin cape.

Hari ini gue ujian satu matkul yang sebenernya ga susah cm kurang gampang aja, mungkin ada temen-temen juga yang ujian dua matkul sekaligus maka dari itu hari ini cukup melelahkan.

Tapi hari ini gue lebih lelah lagi, dan agak jengah juga sih, karena gue kebagian duduk ujian di bangku kedua dari belakang. Apa yang bikin gue lelah? karena dari bangku ini gue bisa sedikit banyak ngeliat gimana teman-teman gue ujian. Mulai dari yang fokus buat ngerjain ujiannya sendiri (alhamdulillah), yang matanya ngider kanan kiri, yang ngobrol diskusi sama temennya sampe yang ngodok saku buat liat catetan. Ini yang bikin gue pengen cepet-cepet keluar ruangan.

Disitulah gue lelah dan cape, karena bukannya mikirin ujian, gue malah mikirin kenapa bisa ini kaya gini? kenapa juga gue ga bisa apa-apa?

gue juga pernah ada di masa kelam itu, dimana gue ga merasa berdosa noel2 dan nanya jawaban ke temen pas ujian. Alhamdulillahnya gue dimasukin ke SMA yang luar biasa sama Allah, dimana nyontek adalah hal paling memalukan yang bisa lo lakukan.

Dari situ gue belajar bahwa gak nyontek pas ujian adalah salah satu cara lo menghormati diri lo sendiri, ngehargain usaha diri lo sendiri yang udah capek-capek belajar dan yang paling penting, nilai lo berkah dan jadi jalan baik buat masa depan lo.

Mungkin gue terdengar nyeramahin, tapi baru segini yang bisa gue lakukan buat Indonesia, ngingetin diri dan teman yang belum bisa menghargai diri sendiri nyontek kanan kiri. Yang belum bisa percaya sama kemampuan sendiri, buka catetan sembunyi-sembunyi. Gue juga bukan orang baik ko, tapi gue berusaha jadi baik, biar gak malu juga ketika ngeluh kenapa Indonesia ga maju-maju.

Nyontek itu malah merendahkan diri, ga lebih berfaedah dari bikin nilai ujian ga berkah. Bukan maksud apa-apa, tapi gue tau sebenarnya mahasiswa kaya kita lebih hebat dari ini, lebih bermartabat dari ini, yang bisa bawa Indonesia nanti lebih adil dan sejahtera.

Jadi, yuk jangan nyontek-nyontek lagi, siapa tau berkah dari ujian lo bisa mendatangkan jodoh dan masa depan yang cerahnya secerah mentari 🌞

Bogor, 6 April 2017
Aya
Cuma orang yang gamau nilai temen-temennya ga barokah.

0 comments:

Post a Comment

Berbagi, demi kemajuan bersama