Saturday 30 July 2016

APA RAHASIA DIBALIK ANGKA 7 DIDALAM ISLAM ?


Hasil gambar untuk angka 7
Para pembaca yang berbahagia, setiap orang pasti memilki angka kesukaannya masing-masing itu bisa saja terjadi ada yang menyukai angka 1,2 dan ada juga yang menyukai angka ganjil seperti 1,3,5,7,9 dst dan ada juga yang menyukai angka genap seperti 2,4,6,8,10. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa angka ganjil itu bagus kaena ALLAH  SWT menyukai angka ganjil. Tapi apakah benar informasi itu ?
Ya, benar ada beberapa penjelasan jika ALLAH  SWT menyukai angka ganjil sehingga rasul SAW bersabda :’’sesungguhnya ALLAH  itu witir (esa/ganjil) dan suka pada yang ganjil” (hadist hasan diriwayatkan oleh abu daud dan tirmidzi)
Mengenai angka ganjil ada salah satu angka yang sering disebut dalam Al-Qur’an baik secara tersirat atau tersurat yaitu angka 7. Angak itu adalah angka yang paling banyak disebut. Tapi ada apakah dibalik angka 7 ?
apakah ALLAH  SWT menyukai angka 7 ?
Inilah penjelasan singkatnya
ALLAH  SWT menurunkan semua wahyu-Nya kedalam kitab suci Al-Qur’an dan apabila kita telusuri lebih dalam ada beberapa surrat yang secara terang menyebutkan angka 7 didalamnya. Misalnya disebutkan didalam Al-Qur’an bahwa ALLAH  SWT menciptakan 7 langit yaitu :”maka Di menjadikannya tujuh langit dalam dua massa dan dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannnya..” (QS.Fushilat:12)
Selain itu ALLAH  juga menciptakan 7 langit bertingkat-tingkat yang terdapat pada surat al-mulk ayat 3. :” yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis,kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan tuhan yang maha pemurah sesuatu yang tidak seimbang…” (QS.Al-mulk : 3)
Dan ALLAH  menerangkan keutamaan berinfak yaitu seperti sebiji benih yang menumbuhkan 7 bulir atau cabang lalu ALLAH  juga menyebutkan 7 laut, 7 hari, 7 malam, dan 7 pintu neraka, subhanALLAH  
Dalam Al-Qur’an surat yusuf ayat 43-50 diceritakan mengenai kisah seorang Nabi yusuf diceritakan bahwa ada seorang raja mesir yang bermimpi ada 7 ekor sapi betina gemuk lalu dimakan oleh 7 ekor sapi betina kurus ketika itu Nabi yusuf sedang berada didalam penjara raja mesir. Kemudia beliau menafsirkan mimpi itu dengan pandai Nabi yusuf berkata akan arti mimpi sang raja beliau mengatakan bahwa raja akan megalami musim panen selama 7 tahun dan akan mengalami musim paceklik selama 7 tahun berikutnya maka dari itu Nabi yusuf menyarankan agar hasil panen dihemat agar sebagai kebutuhan mereka pada masa paceklik nanti. Seketika itu raja puas dengan tafsir mimpi Nabi yusuf dan Nabi yusufpun dikeluarkan dari penjara raja mesir dan bahkan beliau diangakat jadi pejabat tinggi dikerajaan tersebut.
Para pembaca yang berbahagia , itulah kisah angka 7 yang menaikkan dan membebaskan Nabi yusuf dimesir dimana sebelumnya beliau adalah seorang budak apabla tadi itu adalah penjelasan angka 7 yang tertulis jelas didalam Al-Qur’an, maka kali ini kita akan membahas angka 7 yang tersirat didalam Al-Qur’an
Yang pertama, angka 7 yang terdapat pada wahyu pertama, maksudnya adalah ayat pertama dari wahyu pertama yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW yang berbunyi iqra’ bismirabbikalladzi kholaq sebagai sebuah kalimat, wahyu pertama ini terdiri dari 7 kata atau unsur yaitu “iqra” yang berarti “bacalah” bi artinya “dengan” ismi artinya “nama” rabb yaitu “tuhan” ka yang berarti “mu” alladzi artinya “yang” lalu kholaq yang artinya “menciptakan” jadi sejak wahyu pertam Al-Qur’an sudah tersamar sudah menggunakan angka 7.
Yang kedua yaitu proses penciptaan dengan rumus  kun-fayakun, kun-fayakun merupakan konsep penciptaan yang sangat dahsyat dimana menjelaskan tentang proses penciptaan alam semesta baik secara makro maupun mikro kalimat atau konsep kun-fayakun terdiri dari 7 huruf dalam aksara arab yaitu kaf, nun, faa, ya, kaf, wau, dan nun.
Lalu yang ketiga Al-Qur’an menerangak ada 7 ayat yang sering dibaca secara berulang-ulang dan para ulama sepakat bahwa 7 ayat yang dibaca berulang-ulang itu adalah alfatihah yang ternyata juga terdiri dari 7 ayat, surat al-fatihah merupakan surat yang dibaca pada setiap kali rakaat shalat dan merupakan surat yang penting karena juga disebut sebagai ibunya Al-Qur’an.
Yang terakhir dan tak kalah penting kalimat tauhid yang menjadi dasar iman seseorang juga terdiri dari 7 kata baik dalam Bahasa arab maupun dalam terjemahan indonesianya kalimat tauhid itu adalah LAILAHAILLAH MUHAMMADARRASULULLAH yang artinya tiada tuhan selain ALLAH  Muhammad rasul ALLAH . SubhanALLAH  
Para pembaca yang berbahagia tanpa kita sadari disamping yang tersirat didalam Al-Qur’an ada juga didalam kehidupan kita sehari-hari mengandung unsur 7 contohnya seperti adanya 7 hari dalam 1 minggu takbir shalat ied yang pertama berjumlah 7 kali dan masih banyak lainnya.
Jika ALLAH  sering menggunakan angka 7 baik yang tersirat maupun yang tersurat maka itu bukannlah sebuah kebetulan, yang perlu kita Imani adalah ALLAH  SWT menyukai angka 7 dalm konteks itulah kita dapat memahami mengapa tradisi masyarakat Islam diakitkan dengan angka 7 salah satunya seperti tahlilan didalam orang yang meninggal ada hari ketujuh. Dan semoga dengan banyaknya penyebutan angka 7 didalam Al-Qur’an membuat kita menjadi cinta akan Islam amien yaa robbal alamiin
ALHAMDULLILLAH, SEMOGA BERMANFAAT



0 comments:

Post a Comment

Berbagi, demi kemajuan bersama