Tuesday 26 July 2016

MEREBAKNYA POKEMON GO


Bertepatan dengan 1 syawal tahun 1437 H atau 6 juli 2016 sebuah pengembang piranti lunak asal amerika srikat san fransisko merilis sebuah gam yang diberi nama pokemon GO.
Permainan ini bisa dianggap istimewa karena baru beberapa hari dirilis demam pokemon GO sudah melanda keseluruh dunia termasuk diindonesia meskipun fersi resminya belum rilis berbagai tagar yang berhubungan dengan game ini menghebohkan duia maya berbagai cerita unik juga menjadi focus netizen dan menjadi firal permaina berbasis authentic reality ini permainan yang memadukan dunia nyata dengan isllustrasi dengan dunia maya. Seorang pemain pokemon go akan melihaat latar yang ada digadgetnya seperti lingkungan nyata tempatnya berada, dalam memainkannya seorang pemain akan bertindak sebgaia pencari pokemon dengan berjalan-jalan ketempat yang terdeteksi ada pokemon ditempat itu permaian aini membutuhkan jaringan internet dan GPS agar game pokemon GO bisa berjalan dengan lancar.
Baru beberapa hari rilis berbagai kejadian unik telah terjadi akibat permainan ini, seperti dilaporkan sebuah media masa diluar negeri seorang lelaki berusia 26 tahun bernama laman in seng tiba-tiba berhenti dijalan raya hanya untuk menangkap pika cu.

Aksinya ini mengakibatkan mobil dibelakangnya mengerem mendadak dan mengakibatkan tabrakan beruntun. Meskipun tidak ada korban jiwa dari aksident itu tapi ini akan menjadi sesuatu yang serius kedepannya. Bila bermain hp saat berkendara berbahaya maka kini pokemon GO menjadi sebuah ancaman juga dalam keselamatan berkendara. Pencarian pokemon juga mengakibatakn keributan disebuah rumah warag di massacushet amerika. Pemilik rumah mengaku kaget lantaran banyak orang dirumahnya, ternyata orang-orang itu sibuk memainkan game pokemon GO. Keberadaan pokemon yang dapat dillihat siapa saja ternyata dapat mengundang aksi criminal, seorang remaja di Missouri AS menggunakana aplikasi ini untuk mennunggu orang datang kesuatu tempat lalu merampok orang yang datanag itu belum diketahui pasti berapa korban perampokan bersenjata itu. Bahkan sempat beredar isu bahawa permainan ini dapat mengancam keamanan negara karena data-data yang digunakan oleh gamer seperti gambar,tempat serta pemetaan wilayah bisa digunakan oleh pihak-pihak lain beberapa instansi negara telah melakuakn pelarangan bermain game ini dilingkungan kerja.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, para pembaca yang bebahagia diblog saya kali ini akan saya hadirkan embun-embun ilmu yang terpendam dalam luasnya khazanah islam.
Beberapa ahli mengatakan bahaawa pokemon go akan menjadi revolusi awal permainan via gadget. Jika sebelumnya para gamers hanya menatap layar dan duduk dalam memainkan game maka kali ini mereka diharuskan beranjak,berjalan, dan bergerak dari tempat duduknya. Tapi tetu saja efek samping dari game tak bisa dipandang remeh, perkembangan game online maupun offline semakin tak terelakkan inovasi game pun semakin pesat. Peminatnya pun bukan hanya anak-anak saja ada remaja bahkan orang tua. Sayangnya orang tua memiliki pandangan yang kurang tepat tentang game, banyak yang mengira anaknya jenius karena dapat bermain game dengan tingkat kesulitan yang tinggi banyak yang berpendapat mendingan dikasih game ketimbang harus terjerat narkoba, atau mendingan dikasih game ketimbang harus ke-warnet bermain game.
 awalnya tak bersifat patologis atau menggannggu aktifitas sehari-hari. namun apabila kecanduan akan mengganngu tumbuh kembang anak, 
hingga januari 2013 rumah sakit jiwa soeharto erjang Jakarta telah merawat lebih dari 11 anak remaja yang kecanduan game, 5 orang diantara dirawat secara intensif karena dianggap memiliki gangguan kejiwaaan yang serius. Game dapat membuat anak dan remaja kecanduan seperti obat narkotika atau ciki awalnya mungkin sekedar hiburan santai atau rileks setelah aktifitas sekolah namun dapat berkembang sebagai arena kompetisi atau persaingan. Rasa penasaran dan ketagihan karena ingin menakhlukkan tantangan membuatnya lupa waktu dan teman. Banyak gamers mendapat dampak serius dari aktifitas ini. Data dari peneltian di amerika serikat meyatakan 1 dari 10 gamers atau sekitar 15% mengalami gannguan kehidupan social, prestasi belajar, sekolah,dan juga pekerjaan bagi orang dewasa. Beberapa penelitian dari china, jerman, Taiwan dan Australia dan juga singapura juga berpendapat yang sama namun dengan angka yang berfariasi antara 7-15% bebrapa penelitian lain juga mengunggkapkan adanya sejumlah mudharat atau bahaya dari permainan yang terdapat di computer atau yang diakses secara online baik dari sisi kesehatan koral dan juga ekonomi.
Dari segi kesehatan, game pada anak kecil dapat menyebabkan keterlambatna fisik. Disamping itu pantulan cahaya computer dapat menyebabkan penyakit epilepsy dan kerapuhan struktur tulang kemudian turunnya intensitas gelombang otak depan yang mengakibatkan menurunnya kemampuan megedalikan emosi. Sehingga para gamer akan mengalami perubahan mood seperti cepat marah mengalami gangguan dalam kehidupan social tidak konsentrasi dsb. Seorang peneliti amerika pernah mempublikasikan hasil risetnya yang dilakukan terhadap anaknya yang kecanduan bermain game. Ternyata game dapat menyebabkan perilaku brutal dan radilkal dalam diri anak-anak. Mereka terinspirasi dari kekerasan yang mereka dapati dari bermain game. Riset ini menyebutkan bahawa game yang mengandung kekerasan lebih berbahaya dibandingkan film yang menayangkan kekerasan, hal itu disebabkan karena game dapat mehubungkan pikiran interaktif antara game dengan dunia maya. Berbagai mudharat dari bermain game dapat dipahami jika sebagian lembaga-lembaga fatwa ditimur tengah bereaksi cukup keras dengan game online termasuk game pokemon GO yang sedang booming akhir-akhir ini.
Salah  satunya datang dari syeikh abbas syauman, wakil kepala al-azzar mesir. Bahkan syeikh  abbas mengibaratkan pokemon GO seperti alcohol yang dilarang didalam islam, aktifitas berburu monster menyebbabkan seseorang seperti sedang mabuk dijalanan. Orang-orang jadi ada dijalanan dengan mata terpaku pada layar untuk mencari monster pokemon imajiner berada, mereka pun sibuk menangkap sesuatu yang imajiner atau khayal tersebut. Bahakn orang rela meninggalkan pekerjaan untuk mencari monster khayal didalam dunia layar HP sementara itu pekerjaan unutk menghidupi keluarga dan mencari nafkah justru ditinggalkan. Atau pelajar dan mahasiswa yang bukannya belajar malah sibuk mencari monster. Jika kondisinya SEDEMIKIAN PARAH maka hukumnya HARAM.
Jauh sebelum kemunculan kontrofersi game pokemon go, kemunculan film kartunnya dan game nya dalam berbagai fersi pun sudah menimbulkan reaksi yang cukup keras dari ulama ditimur tengah. Bahkan tidak sedikit yang melarang dan mengeluarkan fatwa tentang keharamannya.
Tujuan semata manusia adalah untuk beribadah kepada allah taala inilah orientasi tunggal yang ada pada orang beriman dimana saja berada apapun peran dan profesinya dalam kehidupan. Konsekuensi dari ibadah adalah kesiapan unutk melakukan segenap perintahnya dengan segenap potensi yang dimiliki serta tidak melanggar batasan dan larangan yang diberikannya. Tentu saja ibadah bukan dimaknai sebagai sujud ruku atau puasa zakat dan haji namun ibadah adalah segala sesuatu yang menjadi sarana ketundukan kepada allah taala (menit ke-12.11)mengenai hal ini ada suatu kisah yang dapat kita ambil pelajaran kisah seorang shahabat nabi yang bernama hamzhalah, suatu ketika muncul sebuah kegundahan dalam hati hamzhalah ia merasa bahawa hidupnya telah diselubungi kemunafikan terlintas dalam hidupnya hanyalah kepura-puraan ketika berhadapan dengan rasulullah saw ia menjadi seorang muslim yang benar-benar taat ia berperilaku serius tidak bercanda mata selalu sembab hati selalu berdzikir dan senantiasa dalam kondisi ketakwaan pada allah swt namun apabila ia berlalu dari nabi lalu bertemu keluarganya seketika perangainya berubah. Ia mencandai anak isterinya tertawa merasa senang dan seolah lupa bahawa sebelumnya ia menangis ternyata apa yang dialami oleh hamzhalah juga dialami oleh abu bakar ra. Maka untuk mencari jawaban atas kegundahan hati dua shahabat tersebut keduanya kemudian mendatangi rasulullah bagaimana rasulullah menyikapi keduanya ?
Imam muslim dalam kitab shahihnya meriwayatkan jawaban tersebut
:”demi zat yang aku berada ditangannya jika kalian tetap pada kondisi saat kalian bersamaku atau seperti kalian berdzikir maka malaikat akan menyalami kalian ditempat-tempat tidurmu dan dijalan-jalanmu akan teapi wahai hamzalah semuanay ada waktunya itu beliau ucapkan sebanyak 3x “ (HR. Muslim)
Hadist ini menunjukan bahwa kesenangan psikologis dan hiburan merupakan dua hala yang alami dalam diri mannusia, nabi saw bahkan mengatakan orang yang didalam dirinya tidak ada hal tersebut ia akan disalami malaikat. Disalami malaikat merupakan symbol yang menunjukan satu hal yang mustahil terjadi. Artinya islam tidka mengajarkan untuk menjauhi kesenangan dan hiburan, sebalaiknay islam mengajarkan senang, beristirahat, mencari hiburan bisa dilakuakn namun harus sesuai dengan porsinya.
Namun tidak semua hiburan mendapatkan tempat didalam agama, islam mengajarkan hiburan yang didalamnya terdapat unsur-unsur pendidikan kesehatan dan nilai-nilai moral lainnya.
Sheikh yusuf qardawi dalam bukunya fiqih permainan dan hiburan menyebutkan kriteria hiburan atau permainan yang dilarang dalam agama, diantaranya adalah permaiana yan gdidalamnay terdapat unsur berbahaya atau berpotensi besar menyakiti diri sendiri dan orang lain, permaianan yang menampilkan fisik wanita didepan laki-laki yang bukan makhramnya, permaiana yang mengandung unsur sihir, permaiana atau hiburan yang menyakiti binatang yang mengandung unsur judi, serta yang meleehkan atau menghina orang atau kelompok lain, dan juga permaiana yang dilakukan secara berlebih-lebihan.
Memang tidak ada hadist yang terang dan jelas melarang untuk tidak bermain game online dalam khazanah islam , namun agama memandang berdasarkan manfaat dari perilaku tersebut. Kaidah hokum agama menyebutkan bahwa hokum segala sesuatu adalah boleh hingga ada dalil yang menunjukan keharamannya maka pada dasarnya permaianan itu hukumnya boleh baik online maupun offline. Namun apabila perilaku tersebut menjadikan sebuah perialku yang melenceng sehingga membuat kebolehannya bergeser dari mubah ke makruh bahkan haram sesuai kemudharatan dan bahaya yang ditimbulkannya.
Ada juga kaidah hokum yang menyebutkan kemudharatan dihilangkan dan apabila media yang membawanya kea rah haram maka haram juga hukumnya.
Begitupun dalamkehidupan  kita sehari-hari apabila perlakuan ibadah kita maasih belum mengandung kemudharatan maka diperbolehkan. Dizaman rasul juga ada permainan namun permainan itu berhubungan denganketangkasan fisik karena memang sedang dibutuhkan pada zaman itu. Diantaranay ada permainan lari,memanah,menunggang kuda dan gulat.
Permainan lari merupakan permaiana yang sangat familiar, rasulullah sendiri tercatat pernah melakuakn permaian lari dengan interinya aisah ra. Hal ini diceritakan oleh aisah sendiri bahwa ia pernah melakuakn lomba lari dengan rasul dan ia selalu unggul, dan ketiak badannya mulai besar rasul mengajaknya lomba lari dan rasul mengalahkannya.
Gulat, rasul pun pernah bergulat dengan seorang pegulat tangguh bernama ukanah, dan rasul saw berhasil mengalahkan ukanah #cmiiw rasul menang 3x berturut-turut dengannya
Memanah, ada sahabat nabi yang bernama ukbah ia merupakan seorang yang rajin sekali memanah hamper setaip hari ia pergi berlatih ia mengajak Abdullah bin zaid untuk ikut serta bersamanya namuan sepertinya Abdullah mulai merasakan kebosanan. Ukbah pun berkata maukah kau aku kabari sebuah hadist yang berasal dari rasulullah saw ?
Ia menjawab mau
Ukbah berkata saya telah mendengar beliau bersabda “sesungguhnya allah akan memasukkan 3 orang kedalam surga lantaran 1 anak panah orang yang membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya dijalan allah serta orang yang memanahkannya dijalan allah beliau bersabda berlatihlah memanah dan berkuda dan jika kalian memilih memanah maka itu lebih baik dari berkuda (HR.Ahmad )
Selain memanah, menombak pun menjadi hal yang biasa dialkuakn pada masa itu terutama pada orang habasha atau afrika, bahkan rasul mengijinkan mereka bermain didalam masjid dan rasul mengijinkan isterinya aisah ra untuk menyaksikannya
Berburu, didalam berburu ada kesenangan olah raga dan pekerjaan, berburu pada masa itu biasanya mengguanakn tombak dan panah atau dengan melepaskan binatang berburu seperti anjing dan burung
Agama tidak melarang berbagai macam jenis permaina, bahkan menganjurkan jika itu diperlukan, karena itu dapat meningkatkan kekuatan fisik, meningkatkan pertahanan umat islam
Nabi saw memerintahkan kita untuk menjadi mukmin yang kuat bukan mukmin yang lemah Karena mukmin yang kuat lebih dicintai dari mukmin yang lemah.
 hari raya idhul fitr dan idul adha ditetapkan syariatnya sebagai penganti 2 hari yang tak perlu digunakan oleh orang anshar dimasa jahiliyyah nabi telah memberikam ijin pada orang habasha untuk menari dengan tombak dan pedang mereka diserambi masjidnya yang mulia pada hari raya dan rasul mendorong mereka dan mengatakn untuk mu wahai bani arfita #cmiiw ‘
dinegeri kita juga banyak permaian tradisional yang mengasah kemampuan pemainya, namuan sayang permaianan online dan offline menggerusnya, sudah menjadi thabiat manusia untuk mencari kesenagan
namuan dalam hal ini gunakannlah dengan bijak dengan mengeturnya sehingga berguna bagi individu dan masyarakat.


SEMOGA BERMANFAAT , WASSALAMUA'LAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH 

0 comments:

Post a Comment

Berbagi, demi kemajuan bersama