Monday 25 July 2016

Pemutih wajah vs air wudhu

Pemutih wajah vs air wudhu

Seperti yang kita ketahui sekarang-sekarang ini, banyak sekali krim pemutih yang bisa membuat wajah yang tadinya kusam menjadi seperti cerah bersinar dan lain-lain tetapi sebagian dari kita tidak tahu apakah krim itu bahaya bagi kita ataukah tidak ?
Berabgai produk kecantikan wajah mungkin sudah tidak asing lagi bagi para wanita daari mulai lipstick untuk pewarna bibir bedak untuk mempercantik wajah hingga krim pemutih yan gdigunakan untuk menyamarkan dan mempercerrah wajah. Dalam memakai krim pemutih wajah biasanya wanita tidak langsung mendapatkan hasil yang maksimal karenanya ada tahapan-tahapan untuk mendapatkan wajah yang putih dan tersamarkan dari noda lalu dibalik itu semua bahayakah krim pemutih wajah ?
Faktanya, pada tahun 2013 Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM pernah mengamankan lebih dari 74.000 unit produk kosmetik yang memiliki bahan berbahaya dan tidak memiliki izin edar dan pada tahun yang sama diumumkan merek-merek kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan sebagian besar diantaranya adalah produk-produk pemutih kulit. Belakangan ini banyak produk-produk yang menawarkan hasil instan yang membuat bersih berkilau. Membuat wajah menjadi seperti putih secara alami padahal ini semua disebabkan adanya bahan kosmetika berbahaya seperti mercury dan hydrocuinon yang memang bisa memutihkan wajah dengan cepat namun juga bisa berakibat fatal bagi kesehatan kulit pemakainya dan berikut bahaya-bahaya dari kandungan krim pemutih wajah. Mercury atau air raksa merupakan kandungan pertama yang terdapat pada krim pemutih wajah mercury adalah logam yang pada kondisi normal berbentuk cairann berwarna abu-abu yang tidak berbau dan tidak larut dalam air dan berakohol tapi larut dalam asam nitrat asam sulfur panas dan liquid kemudian mercury adalah bahan aktif yang terdapat pada pengelupasan epidermis kulit dan dalam jangka panjang penggunaannya akan merusak fungsi ginjal system saraf dan timbul masalah psikologis pemakainya sejalan dengan itu digunakan pada ibu hamil terus menerus mercury atau air raksa ini akan menyebabkan kelainan fungsi otak pada janin yang ada didalam kandungan.
Kemudian kandungan berbahaya yang ada pada krim pemutih wajah adalah hydroqinon, ini adalah bahan kimia yang digunakan pada proses cuci cetak foto serta sebagai zat penstabil pada pernis,cat,dan bahan bakar kendaraan pengguanan hydrokinon leih dari 4% dapat menyebabkan ruam pada kulit karena terbakar selain itu penggunaan zat ini dalam kadar yang tinggi dapat menyebabkan hypetasi yaitu menggelapnya warna kulit karena bertambahnya kadar melanin pada kulit,
 melisma atau bercak hitam merupakan kondisi hyperpigmentasi kemudian dapat menyebabkan hilangnya pigmen kulit secara keseluruhan akibat matinya sel melanosit. Ciri-ciri fitiligo adalah munculnya bercak-bercak putih pada kulit pemakainya dan dapat menyebabkan ocronosis eksogen yang menyebabkan warna kulit menjadi biru kehitaman. steroid adalah kandungan berbahaya yang biasa digunakan untukmengurangi peradangan cacatnya pada kulit yang memerah dan gatal-gatal.namun apabila ini digunakan pada dosis yang berlebihan maka dapat menyebabkan katarak dan pelemahan pada tulang dan khusunya pada kulit efek sampingnya adalah penipisan pada kulit. Dan apabila sudah tipis maka orang itu akan mudah tergores atau terluka selain itu steroid pun dapat terserap oleh tubuh dan masuk kedalam pembuluh darah dan bahayanya lagi pembuluh darah kapiler akan Nampak akibat tipisnya lapisan kulit.
Para pembaca yang berbahagia merawat tubuh termasuk wajah memang dianjurkan didalam islam. Namun apabila dengan merawat itu mendatangkan kemudharatan pada kita maka itu sangat dilarang didalm islam:

Seperti firman allah yang artinya : 
dan janganlah kalian menjerumuskan diri kalian dengan tangan kalian sendiri kedalam jurang kerusakan (QS.Al-Baqarah ;195) 

0 comments:

Post a Comment

Berbagi, demi kemajuan bersama