Wednesday 27 July 2016

Mengapa NYAMUK harus hadir dalam kehidupan ini ?

Hasil gambar untuk NYAMUK


Assalamualaikum, sebagai muslim kita harus yakin bahwa tidak ada satupun dari ciptaan allah swt yang sia-sia meski mungkin bisa saja belum tersingkap dan dikenali apa kegunaannya setiap makhluk disemesta ini punya tugas masing-masing, bahkan setiap partikel kecil di kosmos ini punya tugasnya tersendiri. Artinya, tidak ada makhluk didunia ini kecuali punya tugas dan misi yang ia jalani.
Lalu, bagaimana dengan nyamuk ?
Mengapa harus hadir dalam kehidupan ini ?
Keberadaan nyamuk didunia sangat dinanti-nanti oleh pemangsa banyak binatang yan ghidupnya bergantung kepada nyamuk jika tidak ada nyamuk bisa jadi mereka akan mati kelaparan padahal pemangsa nyamuk juga menjadi hidangan yang lezat bagi pemangsa nyamuk yang lebih tinggi tingkatannya begitu seterusnya mata ranta kehidupan dimuka bumi ini siklus ini menjamin keberlangsungan hidup dibumi nyamuk ikut berperan didalam menjaga keseimbangan dibumi ini. Lalu apa pentingnya bagi manusia ?
Nyamuk sebenarnya memberikan manfaat yang amat sangat besar bagi kita umat manusia.
Penyakit-penyakit yang ditimbulkan darinya mendorong umat manusia meneliti dari makanan,produksi, sampai siklus hidup mengapa nyamuk bisa menyebar maut.
Ilmu pengetahuan pun berkembang manusia termotifasi untuk menemukan obatnya setelah mengetahui penyebanya ataupun sebelum mengetahuinya dengan begitu tak terhitung orang yang hidupnya bergantung dari  nyamuk hitung saja berapa banyak dokter yang hidupnya dari nyamuk berapa banyak biologiawan yang hidupnya bergantung dari nyamuk berapa banayk pabrik yang keberlangsungannya bergantung pada nyamuk ?
Dan masih banyak lagi manusia yang hidupnya bergantung dari nyamuk. Nyamuk telah mendorong ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni.
Bukankah dengan adanya nyamuk manusia berhasil menemukan racun nyamuk ?
Dari yang alami tumbuhan pengusir nyamuk sampai zat kimia pembunuh nyamuk bahkan manusia sudah menemukan senjata biologi untuk membunuh nyamuk pabrik obat nyamuk pun berkembang pesat dari obat nyamuk bakar sampai elektrik, dari baunya kuran gsedap sampai yang sedap. Manusia terus mengembangkan pestisida yang aman serta ramah lingkungan mannusia terus mengembangkan obat penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang lebih manjur dan lebih aman. Temuan-temuan dipublikasikan bahkan temuan-temuan yan glebih spektakuler pasti akan menunggu kita dikemudian hari nanti hingga akhir hayat. Dibalik tubuhny ayan gmungil dan sederhana yang lebih istimewanya lagi adalah rancangan modernis dan minimalis pada hewan ini . nyamuk punya kemampuan mengetahui letak-letak pembuluh darah manusia, nyamuk dibelkali alat pendeteksi panas yang bekerja seperti infra merah yang berfungsi memantulkan warna kulit manusia pada kegelapan menjadi warna ungu hingga terlihat olehnya mata nyamuk memiliki sensor yan gmengetahui panas dan bau manusia mungkin nyamuk menganggap manusia sebagai orang primitive yang memberikan sebagian darahnya untuk keberlangsungan hidupnya dibalik kesan tidak bersahabat, hewan ini memberikan kita pelajarann dan hikmah nyamuk merupakan ahli bedah yang sangat hebat manusia mungkin baru mengenal pembedahan modern sekitar 1 atau 2 abad yang lalu sedang nyamuk sejak ribuan atau bahkan jutaan tahun yang lallu telah mengenal tekhnik pembedahan modern. Ketika kita merasakan sakit pada saat digigit nyamuk sebenarnya dia telah melakukan pembedahan yang cepat dan akurat dimulai dari hinggap ketubuh kita ia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga proposis lalu terdapat pisau yan gmerobek kulit kita yang bergerak maju mundur hingga menemukan urat darah setelah itu barulah menghisap darah seorang bijaksana pernah berkata bahwa nyamuk betina menghisap darah manusia hanya untuk memperoleh protein dan darah yang dihisap juga bukan sembarang darah, yang menakjubkan nyamuk mengambil darah manusia dalam jumlah yang sedikit hanya untuk mempertahankan 1 generasi turunan saja nyamuk yang “mungil” itu sadar keserakahan justru akan merugikan dirinya perut membesar dan membuatnya sulit terbang  kelincahan pun berkurang hingga mudah tertangkap mangsanya beda dengan manusia yang punya sifat serakah, jika keuntungan didepan mata tak mudah untuk menahan diri meraup sebanyak-banyaknya bahkan sampi tega menghisap harta sampai 7 turunan lihatlah nyamuk menghisap ndarah kita hanya nyamuk betina nyamuk pembawa penyakit dbd hanya menghisap darah kita dari jam 7-11 pagi dan sore hari jam 15.00-17.00 bukankah target nyamuk yang mungil itu pada pagi hari adalah disaat orang-orang pemalas yang pada jam-jam produktifitas masih tertidur ?
Bukankah nyamuk memacu kita agar semangat beraktifitas pada pagi dan sore hari ?

Maha benar allah dalam firman-Nya :”sesunggunya allah tiada segan untuk membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu adapun orang-orang yang beriman maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari tuhan mereka tapi mereka yang kafir mengatakan apakah maksud allah menjadikan ini sebagai perumpamaan dengan perumpaan itu banyak orang yang disesatkan allah dan dengan perumpamaan itu pula banyak orang yang diberinya petunjuk dan tidak ada yang disesatkan allah kecuali orang-orang yang fasik (QS. Al-baqarah ;26)

SEMOGA BERMANFAAT WASSALAMUALAIKUMWARAHMATULLAHIWABARAKATUH 

0 comments:

Post a Comment

Berbagi, demi kemajuan bersama